Skip navigation


Cheese Chiffon Cake Pelangi. Dibuat dari bahan terpilih, menyajikan roti keju dengan kualitas rasa yang nyaris sempurna. Lembutnya tanpa gumpalan, aromanya khas, dan rasa kejunya…mantap! Tak salah jika roti khas Semarang ini menjadi pilihan waktu bersantai anda.

“Ini roti favorit keluarga saya. Rasanya eunak…” ungkap seorang ibu yang saya jumpai di Toko Roti Pelangi, yang beramalat di Jalan Singosari Raya no 45 Semarang.

Siang itu, sambil menunggu pemilik Café Pelangi, saya disuguhi ice cream rasa Strawberry Exotic oleh pramusaji. Sebagian mereka tampak sibuk melayani pembeli. Ada ibu yang masih mengenakan pakaian dinas, ada juga pasangan muda-mudi dengan pakian santai. Tak lama kemudian mereka keluar membawa plastik berwarna putih bertuliskan Roti Pelangi yang sudah terisi beberapa pak roti.

“Kalau Cheese Chiffon Cake Pelangi memang bisa dipesan kapanpun. Kita ada setiap saat, pengunjung bisa membeli tanpa harus memesan dulu,” ungkap salah seorang pramusaji.

Tak terasa, ice cream di gelas yang semula menyembul dari gelas, di ujungnya menancap buah strawberry segar di atas lapisan keju, kini tinggal sepertiga. Ice cream dengan rasa strawberry asli dan cheese cookies. Tiba-tiba saja saya dikagetkan seorang perempuan yang sudah berdiri di depan saya.

“Mas suka strawberry ya. Sebenarnya kita punya ‘Pelangi Choice’. Ini Ice Cream Vanilla dan coklat yang dilengkapi dengan potongan pisang dan saus coklat. Mau coba lagi…” katanya.

Dia adalah Lani Sulistya, pemilik Toko Roti dan Café Pelangi. Di toko roti ini memang ditata beberapa set meja dan kursi layaknya Café. Bahkan di luar ruangan, pengunjung bisa bersantai ria menikmati aneka sofdrink, ice cream dan snack sambil menikmati pemandangan rerimbunan tanaman hias di alam terbuka.

“Kalau akhir pekan, kita buka Cafe sampai jam 11 malam. Teman-teman dari Undip biasa nongkrong di sini,” kata almunus Universitas Diponegoro ini.

Ditambahkan Lani, di Cafe Pelangi ini merupakan Hot Spot area. Pengunjung yang membawa laptop bisa mengakses layanan akses internet gratis.

Berawal dari hobi membuat roti, Lani kini menekuni usaha roti disela-sela mengasuh dua anaknya yang masih berusia 7 dan 1,5 tahun. Mulanya coba-coba, ia membuat roti untuk hidangan hari raya. “Nggak tahunya, ada teman mama saya yang tanya. Roti ini beli di mana, kok rasanya enak…”

Waktu itu, sekitar tahun 1995, Lani masih kuliah. Dari promosi mulut ke mulut, pesanan roti berdatangan. Untuk keperluan pesta ulang tahun sampai hajatan di hotel-hotel.

Untuk investasi membuka usaha roti ini memang dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Lani bahkan harus mengeluarkan beberapa koceknya untuk membeli peralatan yang dibelinya dari Itali.

“Keistimewaan dari roti saya ini adalah bebas pengawet dan selalu baru,” tambahnya.

Lantas kalau tak habis, roti itu dikemanakan?

“Ya saya bagi-bagikan ke tetangga dan karyawan-karyawan saya. Makanya mereka pada awet di sini,” ungkapnya tersenyum.

Dikatakan oleh Lani, roti Pelangi ini bisa bertahan sampai tiga hari. Namun jika dimasukkan ke dalam mesin pendingin bisa bertahan lebih lama sampai seminggu.

Selain Cheese Chiffon Cake Pelangi, Lani juga membuat roti jenis lain, seperti coklat, kismis, almon dan satu lagi, Brownies Panggang. Yang disebut terakhir ini lembut, atasnya kering, dan kata lani, kempripik! Brownies panggang ini selalu ada setiap saat, sementara untuk coklat, kismis dan almon, anda yang hendak membeli harus memesaanya dulu.

Untuk menjaga kualitas rasa, meski dia kini memiliki beberapa karyawan baik yang ada di front office maupun di dapur, Lani turun tangan sendiri membuat resep dan mengawasi kerja karyawannya. “Kethoke nak saya ikut, kok mantep,” katanya.

Kini Roti Pelangi buatan Lani menjadi hidangan acara-acara ulang tahun hingga seremonial instansi-instasi pemerintah dan perusahaan di Semarang.

“Belum lama ini teman saya dari Jakarta pesan beberapa pak,” katanya.

Lani manambahkan, anda yang berada di luar kota juga bisa memesan. Tentu saja dengan ditambah biaya pengiriman. Khusus untuk pembeli di wilayah Semarang, gratis layanan antar untuk pembelian di atas 100 ribu. Silakan hubungi nomor telepon (024) 8314772 atau 70109225.

Berapa harganya? Cheese Chiffon Cake Pelangi dengan ukuran besar Rp 45.000, sedang Rp 35.000, kecil Rp 25.000. Sebagai gambaran, roti ukuran besar dengan diameter 25 cm jika bisa disajikan menjadi 20 potong. Sedang untuk brownis panggang dengan ukuran 25x10cm dapat dibeli dengan harga Rp 25.000.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: