Skip navigation


Sukses dengan dua novelnya, Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi, Andrea Hirata akan membagi tips menulisnya di Semarang. Dalam acara yang diselenggarakan di Joglo Fakultas Sastra Undip, Selasa (27/3) itu, juga akan dibeberkan sekilas tentang novel ketiga dari tetralogi Laskar Pelangi.

Kehadiran pengarang asal Belitong itu memang mengejutkan. Betapa tidak, Andrea yang notabene bukan berasal dari kalangan sastra, tapi mampu menulis novel yang keduanya menjadi best seller. Dari informasi penerbit, keduanya kini telah dicetak ulang sebanyak tujuh kali.

Yang menarik lagi, kedua novel itu sama sekali tak sejalan dengan tren pasar. Tapi melalui dua sekuel novelnya itu Andrea Hirata langsung menempatkan dirinya sebagai salah satu penulis muda Indonesia yang amat menjanjikan.

Bagaimana karya-karya Andrea dapat menjadi best seller tanpa harus mengorbankan mutu? Sastrawan Ahmad Tohari mengatakan, “Andrea adalah jaminan bagi sebuah karya sastra bergaya saintifik dengan penyampian yang cerdas dan menyentuh”.

Sementara Prof Sapardi Djoko Damono, guru besar Universitas Indonesia menyebut karya Andrea sebagai metafora yang berani, tak biasa, tak terduga, kadang kala ngawur, namun amat memikat.

Daya tarik yang menonjol dari karya-karya Andrea juga terletak pada kemungkinan yang amat luas dari eksplorasinya terhadap karakter dan peristiwa. Setiap paragraf yang disajikan seakan dapat berkembang menjadi sebuah cerpen, dan setiap bab mengandung letupan intelejensia, kisah, dan romantika untuk untuk dapat tumbuh menjadi buku tersendiri.

Andrea tak pernah kehilangan ide dan cerdik dalam melihat suatu fenomena dari sudut yang tak pernah dilihat oleh orang lain. Setiap kalimatnya potensial. Ironi diolahnya menjadi jenaka, cinta pertama yang absurd menjadi mempesona, tragedi diparodikan, ilmu fisika, kimia, biologi dan astronomi diolah menjadi sastra.

Telah banyak pujian dilontarkan atas kematangan karya maupun teknik menulis alumnus Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia yang belakangan mendapatkan beasiswa studi master of science di Paris de University, Sorbonne, Prancis itu.

Acara yang bertajuk “Temu dan Bincang Penulis bersama Andrea Hirata” itu diselenggarakan atas kerjasama Lembaga Pers Mahasiswa Hayamwuruk Fakultas Sastra Undip dengan toko buku Toga Mas dan Renjana Organizer.

Selain Andrea Hirata, akan hadir sebagai pembicara Aulia Muhammad, Pemimpin redaksi suaramerdeka.com, dan Agus M Irkham, pegiat komunitas perbukuan. Diskusi akan dibuka mulai pukul 09.00 WIB hingga selesai.[sumber: suaramerdeka.com]

5 Comments

  1. Hi mas andrea…
    iga suka banget novel tetralogi laskar pelangi tapi novel yang ke 4nya kok ga ada ya? apa novel ke 4 itu dicetak hanya beberapa?iga pengen banget tahu kelanjutan pertualangan semua tokoh dalam novel itu.
    but so far…semua novel yang ditulis mas andrea iga suka banget…TERUS BERKARYA YA MAS…..!!!

  2. Yth mas Andrea,
    mas, ina kok susah banget nyari novel yang ke-4nya? padahal ina pengen banget tau kelanjutan ceritanya… emang cuma sedikit dicetaknya ya? kenapa? berarti ina ga kebagian dong… ina tanya ke teman2 jg sama,mereka masih nyari bukunya…

  3. novel tersebut belum sempat saya beli namun saya sudah sedikit membaca tentang novel tsbt.ceritanya sangat bagus

  4. Hai mas Andrea……..
    Laskar pelangi udah pernah baca, keren abiz…
    Mau dong dikirimin sinopsis novel yang terbaru kalo gak salah Santi pernah dengar namanya :
    1. Edensor
    2. Sang Pemimpi
    3. Maryamah Kaprov
    Makasih mas.

  5. haii mas andrea…

    oia,,denger” nue mas andrea nerbitin 1 NOVEL lagii yah dgn 2 judul….

    mas uda dii mana ajj dii sebarin?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: