Skip navigation


Jika di Jakarta ada dokter Boyke, maka Semarang punya dokter Iwan Setyawan atau yang lebih dikenal dr Iwan. Keduanya sama, fasih berbicara masalah seks dan reproduksi. Bedanya, dokter yang disebutkan belakangan ini tampak lebih gaul. Gaya bicara dan dandanannya nyentrik. Selain mengudara lewat beberapa stasiun radio, kini dokter gaul ini membuka layanan konsultasi lewat blog. Namanya dr Iwan Bicara Seks.

“Hari ini sudah ada 30 pertanyaan buat saya. Jadi, pertanyaan anda nanti harus mengantri dulu,” katanya dalam sebuah diskusi di Fakultas Sastra Undip belum lama ini, yang kemudian diikuti senyum kecut para mahasiswa.

Kesibukan dokter alumni Fakultas Kedokteran Undip ini memang sangat padat. Mulai dari mengisi diskusi dari kampus hingga sekolah-sekolah, konsultasi baik off air maupun on air di beberapa radio, dan dari pengakuannya, dia juga terlibat dalam pembinaan anak jalanan.

“Saya punya membina 5 anak jalanan di Simpang Lima,” kata dokter yang aktif di Pilar PKBI Jateng ini.

Bermula dari sebuah diskusi yang diadakan oleh Internet Club Unisbank (Universitas Stikubank) Semarang, muncul gagasan agar dokter Iwan membuat blog. Dokter Iwan menyambut baik usulan ini. Tapi karena kesibukannya, maka blog dokteriwan.blogspot.com diurus oleh orang lain. Deddy Widiyanto dan Andri adalah dua orang yang mendedikasikan dirinya untuk mengurus blog dokter Iwan yang diluncurkan sejak April 2006 di sela-sela kesibukan pekerjaanya.

Dari blog ini, seperti disampaikan oleh Deddy, dokter Iwan dikontak oleh salah satu stasiun radio di Surabaya. Ia diundang untuk mengisi acara on air lewat telepon.

Baru-baru ini, seperti yang dituturkan dokter Iwan, dirinya dikontak oleh salah satu stasiun televisi swasta nasional terkemuka untuk mengisi acara konsultasi masalah seks.

“Dokter Iwan orangnya supel. Baik hati, suka membantu orang lain,” ungkap Deddy.

Deddy benar, apa yang dilakukan oleh dokter Iwan dari kegiatan konsultasi ini adalah kegiatan sosial. Untuk konsultasi baik lewat radio maupun via blog, tidak dipungit biaya, alias gratis!

Materi yang disampaikan di blog diantaranya merupakan artikel yang disampaikan oleh dokter Iwan dalam diskusi. Ada juga yang dirangkum dari hasil konsultasi. Simak saja posting yang berjudul “Boleh Gak Sih Remaja Pacaran?“. Tulisan ini merupakan hasil diskusi “Problemantika Pergaulan remaja dan Solusinya” yang diselenggarakan oleh Tim I KKN Undip Semarang. Atau yang lebih hot lagi, baca artikel “Payudara Besar vs Payudara Kecil, Pilih Mana?” Di sini dipaparkan jenis-jenis payudara, apa kelebihan dan kekurangannya.

Meski menggunakan desain minimalis, blog dokter Iwan ini terbilang cukup interaktif. Seperti blog pada umumnya, pengunjung bisa meninggalkan komentar di setiap tulisan, maupun meninggalkan pesan singkat di shoutbox yang ada di sidebar.

Menurut Deddy, salah seorang admin blog, dirinya memang belum memikirkan untuk menggarap desain blog yang hingga kini telah dikunjungi sekitar 25 ribu-an pengunjung ini secara lebih serius. Begitu juga soal imbal balik materi yang diterimanya dari hasil mengelola blog ini.

“Secara materi, kami memang tak begitu memikirkan. Kami sudah cukup senang melihat traffic ke blog ini yang dari hari ke hari terus meningkat.”

Dasar blogger, ada juga yang memberikan komentar miring atas dirilisnya blog dokter Iwan ini. Seperti komentar Joni yang ditulis di shoutbox ini: “Setelah baca blog ini, malah menggugah saya buat berhubungan seks yang aman. Jadi tahu caranya ngeseks terus, tapi man. Hidup dr Iwan, yang bikin nafsu saya bisa terus tersalurkan…”

Oleh admin ditanggapi: “Blog ini ada untuk memberikan pendidikan yang baik dan benar dalam bidang reproduksi sehat. Segala tips maupun solusi tentang hubungan seks, ditujukan hanya untuk pasangan yang telah menikah (suami istri). Untuk pasangan yang belum menikah/ remaja, kami percaya hanya dengan iman dan taqwa kepada Tuhan YME lah yang akan membuat remaja terhindar dari perilaku seks bebas.”

Nah, bagaimana dengan anda? Tapi, alangkah lebih baiknya anda membaca ulang tanggapan admin di atas, atau membaca lagi prolog yang disampaikan oleh dokter Iwan di halaman profil yang ada di sidebar, agar kehadiran blog ini tidak disalahgunakan.

Bagi Anda yang ingin berkonsultasi dengan dokter Iwan dipersilakan menghubunginya via email bicaraseks@gmail.com. Atau bisa juga di forum curhat www.pojokkita.com di rubrik konsultasi seks, yang baru saja dirilis awal tahun 2007 lalu. Anda juga bisa mendengarkan mendengarkan Free MP3 Konsekstasi di http://dokteriwan.multiply.com, maupun membaca artikel-artikel lainnya di http://dokteriwan2.blogspot.com.

Anda yang ingin berkonsultasi langsung atau ingin mengundangnya untuk acara diskusi bisa berkunjung ke klinik dr Iwan di Jalan Tirto Agung Raya no. 56 Tembalang, Semarang. Atau telepon via Hotline Konsultasi 081 228 59951. Pesan dokter Iwan, mohon membuat janji jadwal konsultasi terlebih dahulu sebelum berkunjung ke klinik.

*Tulisan ini dimuat di rubrik blog suaramerdeka.com

+++++

Anda punya blog menarik? Atau bisa juga mengusulkan blog teman anda. Kirim alamat blog, nama pemilik, dan deskripsi singkat blog ke alamat email bloggernarsis@yahoo.com. Anda juga bisa berdiskusi lebih lanjut seputar dunia blog di milis Bloggernarsis@yahoogroups.com. Info selengkapnya di blog.suaramerdeka.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: