Skip navigation


Siapa bilang belajar Bahasa Inggris sulit. Sebaliknya, Bahasa Inggris itu menyenangkan, kata Nana, pemilik blog http://pedapa.blogspot.com. Kita bisa mempelajarinya sambil bermain. Tidak harus dalam situasi formal seperti di sekolah. Oleh karena itu, Nana menamakan blognya dengan “English is Fun”.

Ide awalnya sederhana, bagaimana belajar Bahasa Inggris tidak lagi menakutkan, seperti anggapan sebagian orang. Maka penyampaian pun dikemas dengan bahasa gaul ala kawula muda agar mudah dicerna. Simak saja situasi kelas saat pembahasan “both, either, either“.


“Bu guruuu, emang sih pacaran itu menyenangkan, tapi udah 19 hari ibu ga ngajar, prioritas dong buuuu prioritaaaas!” tanya salah seorang murid. Mendapati pertanyaan itu ibu guru hanya bisa nyengir. Dalam hatinya berkata “Ibu guru juga manusia perlu pacaran dan pacaran ..huehhehuehuhehe..”

Kemudian ibu guru menimpalinya “Yaw dah ini ibu guru stop dulu jadwal pacarannya. Ayo pada belajar!”

Itulah cara Bu Guru, julukan baru Nana, mengajak pembaca blognya belajar Bahasa Inggris. Ia menciptakan suasana belajar yang benar-benar berbeda dari kebanyakan lembaga pendidikan formal. Tidak kaku, santai, tapi materi tetap tersampaikan. Seperti yang tampak dalam penjelasan “both, either, neither”, contoh kalimat yang digunakan untuk penjelasan adalah sesuatu yang dekat dengan anak muda.

Lewat blog itu Nana membagi pengetahuan bahasa Inggrisnya kepada pembaca. Maklum, perempuan asal Nias yang sekarang menjadi kepala HRD di sebuah perusahaan pariwisata di Bali ini, dulunya adalah alumnus jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga, Jawa Tengah.

Apakah seperti layaknya lembaga pendidikan, penyampaian materi dalam blog ini juga menggunakan semacam kurikulum?

“Mengalir saja. Saya menyampaikan apa yang ingin saya sampaikan. Orang sering salah dengan hal-hal yang sepele, makanya saya menyampaikan yang sepele-sepele saja itu yang justru sering dilupakan orang,” ungkapnya.

Terhitung sejak September 2006 lalu blog “English is Fun” ini dionlinekan. Para pembaca menyebut Nana dengan panggilan Bu Guru. Anda bisa membaca pesan-pesan yang dituliskan oleh pembaca di kotak shoutbox. Belum lagi yang konsultasi lewat Yahoo Messenger (YM). Apa tiap hari ada yang konsultasi? “Wuah buanyak banget,” akunya, diikuti tawa.

Semua itu diberikan oleh Nana secara gratis. Pembaca ataupun yang ingin konsultasi lewat YM tidak dipungut biaya. “Saya ingin sharing saja dan melakukan sesuatu yang saya bisa,” katanya. Untuk mengetahui apakah Bu Nana sedang online, pembaca bisa mengecek status YM bu guru ini lewat blognya.

Panggilan bu guru itu ternyata mengingatkan pada masalalu Nana yang pernah menjadi pengajar di sebuah lembaga pendidikan. Kini dirinya bergelut dengan dunia pariwisata, yang kebetulan masih bersentuhan dengan Bahasa Inggris. Dari pergaulannya dengan bule itulah Nana mendapatkan banyak kosa-kata bahasa Inggris yang diantaranya mungkin tidak ditemukan dalam kamus. Dari bahasa idiom dampai bahasa slank (gaul).

Makanya selain http://pedapa.blogspot.com/, nana juga mengelola blog http://tala-and-idioms.blogspot.com/ yang khusus memuat idiom-idiom. Kedua blog itu sama-sama diberi judul “English is Fun”.

Dalam waktu dekat Nana merencanakan akan menggabungkan kedua blog “English is Fun” itu ke website pribadinya yang beralamat di nananias.com. “Desainnya lagi dipersiapkan,” katanya.

Ketika ditanya lebih jauh soal profil, ibu guru yang satu ini menolak menyebutkan usia. Dia cuma mengatakan “Single and Pretty, hehe…” Siapakah yang akan melamar menjadi muridnya?

_________________________________________________________

Bloggernarsis@yahoogroups.com adalah forum diskusi blogger Jawa Tengah yang dibentuk oleh tim kreatif suaramerdeka.com. Kami mengundang anda bergabung, berdiskusi seputar blogger di Jawa Tengah secara khusus, dan dunia blog secara umum. Hasil diskusi dan artikel seputar blog bisa diakses di blog.suaramerdeka.com. Selain itu kami juga melayani untuk pelatihan blog dasar dan lanjut.

3 Comments

  1. wah. maturnuwun sanget nggih mas. hehehe.

  2. sami-sami bu. tulisan ini sudah dimuat di rubrik gaya-sub blog-suaramerdeka.com. ini linknya http://gaya.suaramerdeka.com/index.php?id=46

  3. Bu guru memang baik hati, saya banyak belajar kepadanya.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: