Skip navigation


Orang boleh tak percaya dengan bualan. Tapi akan berpikir dua kali ketika membaca blogombal. Ditangan Paman Tyo, gombalan alias bualan dikelola menjadi catatan yang patut menjadi renungan.

Baca pesan singkat ini : “Gombalan terbit setiap sempat dan ingat, tiada mengenal tenggat. Berisi tulisan dangkal, naif, dan membingungkan”.

Di atas adalah slogan blogombal. Benar, pemilik blogombal ini terbilang rajin memposting. Sehari saja tak berkunjung, pembaca akan ketinggalan gombalan yang lagi hangat. Apa pemilik blog tidak kehabisan ide?

“Nggak. Yang jadi masalah tuh waktu. Kadang nggak ngeblog karena males, bukan karena kehabisan ide. Kalo diturutui sehari bisa lebih dari empat posting”.

Ada saja ide yang muncul. Minggu lalu, bertepatan dengan hari Pahlawan, terdapat posting berjudul “Pahalawan” di blogombal. Diceritakan tentang seseorang yang bernama Slamet. Dia punya kebiasaan mengadakan kejuaraan bola voly setiap kali pulang kampung. Tak tanggung-tanggung, hadianya kambing!

Dari cerita itu pemilik ingin mengatakan bahwa Slamet adalah simbol kegigihan dan kemujuran. “Anak yang belum sekolah ngira presidennya bernama Slamet,” tulisnya.

Jika menurut sebagian besar orang awam pahlawan adalah orang yang ikut memperjuangkan bangsa Indonesia merebut kemerdekaan, apakah orang seperti Pak Slamet itu tidak layak disebut sebagai pahlawan. Dari guyonan blogombal itu kemudian bisa menjadi bahan renungan.

Tulisan tentang Pak Slamet itu pun lantas rame-rame dikomentari oleh para blogger lain. Ketika tulisan ini dibuat, setidaknya sudah ada 32 komentar. Angka sebesar ini tentu tak mudah dicapai oleh blogger lain. Maka, bila dalam dunia sinetron kita mengenal selebritis, dalam dunia blog, pemilik blogombal layak mendapat julukan “selebritis blog”. Pembaca blog ini bukan hanya pembaca kebetulan, tapi sebagian besar adalah pelanggan alias pembaca setia.

Selain cerita tentang Pak Slamet, masih ada cerita lain yang dikemas dengan gaya khas blogombal, yakni gaya yang jenaka, kocak namun mengena. Apa saja yang ditemukan dalam keseharian bisa menjadi cerita. Dari jalan-jalan ke pasar sampai aktivitas nongkrong di kamar kecil.

Yang disebut terakhir, Paman Tyo alias si Kere Kemplu punya cerita unik. Dalam posting yang berjudul “Apa yang Anda Lakukan di Toilet?”, diceritakan apa saja kebiasaan orang di kamar kecil. Anda tentu tak menduga jika dari aktivitas semacam ini, orang bisa menghasilkan karya seni.

Dari sekian banyak postingan itu, Paman Tyo punya pengalaman khusus, yakni pada posting yang berjudul “Selamat Ulang Tahun, Sayang”. Ini merupakan kali pertama Paman Tyo mengucapkan selamat ulang tahun kepada istrinya di depan publik, termasuk diblog. Sebelumnya ia tak pernah membicarakan urusan pribadi di blognya. Untuk apa dia rela melakukan itu?

“Karena saya sayang sama istri,” jawabnya.

“Wah ternyata bisa romantis juga ya,” komentar salah seorang blogger. Tak hanya itu, ada blogger yang mengaku meneteskan air mata saat membaca tulisan itu karena saking terharunya.

Selain blogombal, Paman Tyo juga mengelola tiga blog “anakan” lain, yakni Gombalbarang, Gombalkartu, Gombalabel.

Sepintas apa yang dilakukan oleh pemilik blogombal ini adalah keisengan orang yang kurang kerjaan. Semua yang ia jumpai diceritakan. Bahkan tak hanya itu, ia juga menyempatkan membuat ilustrasi pendukung di setiap posting.

Perihal itu, ia menjawab “Tertarik saja. Sama seperti kita melihat stiker pada angkot, gambar pada bak truk, papan nama toko… kadang unik,” terangnya singkat.

Pemilik blogombal ini terbilang blogger senior. Ia sudah mulai ngeblog sejak tahun 2001. “Dulu aku ngeblog bareng beberapa teman, namanya catatan gombal. Karena mereka males akhirnya aku terusin sendiri, pindah-pindah alamat, dan akhirnya jadilah blogombal di gombal.blogdrive.com,” terangnya.

Tapi Gombal.blogdrive.com sekarang sudah tidak diupdate lagi. Dalam postingan terakhir, terdapat pengumuman jika pemilik blog sudah pindah kontrakan. Ya, kontrakan baru Paman Tyo sekarang di blogombal.org

Desain baru ini merupakan hasil kerja kolaborasinya dengan Didats Triadi. Berbeda dengan blog sebelumnya di gombal.blogdrive.com, di blog baru ini tampak kering. Hampir tak ada gambar ditemukan. Hanya teks yang memenuhi isi halaman depan blog ini. Namun demikian, pemilik blog merasa puas dengan desain blog baru ini. Apa pasal?

“Aku ngerancang visualnya, dengan konsep sebuah halaman web yang simpel, hanya berisi teks, bahkan logonya pun teks, cuma satu jenis font. Lebih mengutamakan isi karena sudah punya pembaca tetap”.

Untuk konsep blog barunya ini, paman tyo sudah sempat membuat beberapa desain: Koran Berita Gombal, Gombal Leisure, Freshegar , Blog Info Gombal.

Itu semua merupakan desain Paman Tyo. Lantas siapa Paman Tyo alias Kéré Kêmplu, si pemilik blog ini. Di blog yang baru di blogombal.org, penjelasan tentang profil sudah cukup detail. Nama pemilik blog sudah disebutkan yakni “Antyo Rentjoko”. Hanya saja di media mana dia bekerja, tidak dijelaskan secara jelas. Ini sudah lumayan, jika dibanding penjelasan di blog sebelumnya, yang cuma menjelaskan “Kere Kemplu, seorang opas tua pada sebuah kantor partikelir di Jakarta.”

Jika dicermati, pemilik blog ini adalah orang yang melek teknologi, ia juga punya kemampuan desain. Dari gaya penulisan, boleh dikatakan punya kemampuan yang lebih. Lantas siapakah gerangan Antyo Rentjoko yang belum lama ini pendapatnya dikutip dalam harian Kompas edisi Minggu tentang liputan air di Salatiga?

Rupanya pemilik blogombal itu adalah pemimpin redaksi majalah Komputer Aktif, yang masih merupakan grup Gramedia. Semasa kecil pernah tinggal di Salatiga, salah satu kota kecil yang ramai, di Jawa Tengah. Pernah bekerja sebagai wartawan di majalah Jakarta-Jakarta selama 8 tahun sebelum akhirnya tutup. Pernah kuliah di Jurusan Ilmu Komunikasi UGM namun belum sempat menyelesaikan studinya.

Ketika ditanya, adakah yang lebih serius dibalik catatan gombalnya ini, ia menjawab “Namanya juga blogombal, yang ada ya cuma gombalan…”

Apakah pemilik blog yakin pembaca akan percaya dengan gombalannya? “Mereka datang dan datang lagi, artinya percaya ada kegombalan,” tukasnya. Bagaimana dengan anda?

*Tulisan ini dipublikasikan di www.suaramerdeka.com.. Ikuti milis Bloggernarsis@yahoogroups.com, forum diskusi blogger Jawa Tengah dan sekitarnya.

2 Comments

  1. aku dah baca hasil kutipan wawancaranya..*ada nama saya disebut..salam dari paman tyo*😉

  2. paman tyo emang hebat..!!!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: